Mahasiswa pendidikan fisika sebagian belum mengetahui tentang mekanisme pembangkit listrik tenaga surya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui kemampuan mahasiswa pendidikan fisika Universitas Jember dalam memahami mekanisme pembangkit listrik tenaga surya. Variabel penelitian yang digunakan yaitu pemahaman dan pengetahuan mahasiswa tentang mekanisme pembangkit listrik tenaga surya. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang berfungsi untuk mengetahui seberapa persen / tingkatan kepahaman mahasiswa pendidikan fisika Universitas Jember mengenai mekanisme pembangkit listrik tenaga surya. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menyebarkan angket berupa g.form sebanyak 10 soal dengan responden 50 mahasiswa. Subjek yang diteliti yaitu mahasiswa semester I Pendidikan fisika Universitas Jember. Hasil jawaban mahasiswa akan dianalisis dan direpresentasikan melalui diagram lingkaran dan table, dimana diagram lingkaran menggambarkan data nilai mahasiswa dan di tabel menunjukkan pemahaman dan miskonsepsi kepahaman mahasiswa mengenai mekanisme pembangkit listrik tenaga surya. Bedasarkan analisis pemahaman mahasiswa pendidikan fisika Universitas Jember tentang mekanisme pembangkit listrik tenaga surya, hasil jawaban dari kuisioner yang telah diberikan ke mahasiswa pendidikan fisika Universitas Jember bahwa mahasiswa memiliki pemahaman yang cukup rendah. Nilai mahasiswa yang ditunjukkan di diagram lingkaran, dari 50 mahasiswa rata-rata mendapatkan nilai sekitar 50 dengan 30% dari 50 mahasiswa sedangkan di tabel menunjukkan miskonsepsi mahasiswa dengan rata-rata sekitar 40-60%. Sebagai calon guru mahasiswa perlu meningkatkan pemahamannya tentang mekanisme pembangkit listrik tenaga surya, komponen yang ada di pembangkit listrik tenaga surya serta fungsinya lebih mendalam.
Copyrights © 2023