el-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam
Vol. 3 No. 2 (2023): (September 2023)

Pengembangan Sumber Belajar Berupa Video Animasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS di Sekolah Dasar

Ayu Pertiwi, Linda (Unknown)
Uzma, Rita Hamdiatul (Unknown)
Ardila, Rostina (Unknown)
Pramita, Yayang (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2023

Abstract

Jurnal ini membahas tentang pengembangan sumber belajar yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) pada tingkat Sekolah Dasar. Penelitian yang dilakukan menggunakan model ADDIE yaitu untuk mengevaluasi efektivitas sumber belajar yang dikembangkan melibatkan tahap perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Sumber belajar yang dikembangkan dirancang untuk meningkatkan keterlibatan siswa, memperkuat pemahaman konsep, dan meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan sumber belajar yang dikembangkan secara signifikan meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Siswa menunjukkan tingkat keterlibatan yang lebih tinggi, motivasi belajar yang lebih besar, serta hasil belajar yang lebih baik setelah menggunakan sumber belajar yang dikembangkan. Temuan ini memberikan kontribusi penting dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di tingkat Sekolah Dasar, khususnya dalam mata pelajaran IPAS. Rekomendasi disarankan untuk memperluas penggunaan sumber belajar yang dikembangkan ini agar dapat memberikan manfaat yang lebih luas bagi siswa dan proses pembelajaran di Sekolah Dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

el-Madib

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

el-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam the journal is published by Center for Research, Publications and Community Service Institut Agama Islam Yasni Bungo Jambi Indonesia. It’s dedicated for the publication of scientific articles in Islamic Basic Education. The languages used in this journal are ...