Jurnal ini membahas tentang pengembangan sumber belajar yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) pada tingkat Sekolah Dasar. Penelitian yang dilakukan menggunakan model ADDIE yaitu untuk mengevaluasi efektivitas sumber belajar yang dikembangkan melibatkan tahap perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Sumber belajar yang dikembangkan dirancang untuk meningkatkan keterlibatan siswa, memperkuat pemahaman konsep, dan meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan sumber belajar yang dikembangkan secara signifikan meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Siswa menunjukkan tingkat keterlibatan yang lebih tinggi, motivasi belajar yang lebih besar, serta hasil belajar yang lebih baik setelah menggunakan sumber belajar yang dikembangkan. Temuan ini memberikan kontribusi penting dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di tingkat Sekolah Dasar, khususnya dalam mata pelajaran IPAS. Rekomendasi disarankan untuk memperluas penggunaan sumber belajar yang dikembangkan ini agar dapat memberikan manfaat yang lebih luas bagi siswa dan proses pembelajaran di Sekolah Dasar.
Copyrights © 2023