Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran quantum learning pada mata pelajaran IPAS materi pertunbuhan dan perkembangan manusia di kelas V Sekolah Dasar Negeri 107/II Danau Buluh. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi kuantitatif dan deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan hasil belajar siswa pada materi pertumbuhan dan perkembangan manusia menggunakan metode pembelajaran quantum learning dengan menggunakan enam tahapan yaitu penataan lingkungan belajar, kekuatan AMBAK, memupuk sikap juaran, membiasakan mencatat, membiasakan membaca, dan terakhir meningkatkan daya ingat anak yang dapat dilihat pada siklus I pada ranah kognitif 59,54%, pada ranah Afektif 48,07%, pada ranah Psikomotorik 65,38%. Dan pada siklus II pada ranah kognitif 83,46%, pada ranah Afektif 88,46%, pada ranah Psikomotorik 84,29%. Hal ini menunjukkan dengan menggunakan metode pembelajaran quantum learning terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2024