Abstrak: Pelatihan pemilahan sampah menjadi salah satu cara untuk menuju gerakan zero waste, dengan pemberian pelatihan ini sejak usia dini dapat menumbuhkan kepekaan para siswa terhadap pentingnya menjaga lingkungan. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pemilahan sampah kepada siswa kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah yang berjumlah 20 siswa di Sekolah Alam Gaharu sebagai mitra pada pengabdian masyarakat ini, dimana sekolah Alam Gaharu menerapkan konsep sekolah alam yang berarti pembelajaran berorientasi pada alam. Sesuai dengan visi sekolah yang dapat memberikan mafaat bagi masyarakat maka salah satunya yaitu dengan menerapkan sekolah zero waste dan sebagai langkah awal penerapan yaitu dengan pembelajaran pemilahan sampah. Pelatihan dilaksanakan melalui penyampaian materi, permainan, dan daur ulang sampah plastik. Pelatihan ini juga dapat meningkatkan kemampuan softskill yaitu meningkatkan kerjasama tim para siswa, serta melatih kreativitas para siswa dalam mendaur ulang sampah. Evaluasi dilakukan melalui survei terhadap guru dengan pertanyaan terkait manfaat, pemahaman siswa, penerapan 3R, dan dampak pelatihan. Hasil menunjukan bahwa 100% responden menyatakan pelatihan bermanfaat, siswa dapat memahami materi, dan mampu melakukan 3R. Pelatihan juga memberikan dampak signifikan dalam pembelajaran siswa.Abstract: Training on waste sorting is one of the ways to promote the zero-waste movement, and providing this training from an early age can cultivate awareness among students about the importance of environmental conservation. Community service in this regard aims to provide waste sorting training to 20 third-grade students at Gaharu Nature School as partners in this community service initiative. Gaharu Nature School adopts the concept of nature-based education, where learning is oriented towards nature. Aligned with the school's vision of benefiting the community, one of its initiatives is to implement a zero-waste school model, with waste sorting education being the initial step. The training is conducted through lectures, games, and plastic waste recycling activities. This initiative also enhances students' soft skills by fostering teamwork and nurturing creativity in waste recycling endeavors. Evaluation is carried out through surveys administered to teachers, focusing on the benefits, students' comprehension, implementation of the 3Rs (Reduce, Reuse, Recycle), and the overall impact of the training. Results indicate that 100% of respondents affirm the beneficial nature of the training, stating that students grasp the material well and are capable of practicing the 3Rs. Moreover, the training has shown significant positive impacts on student learning.
Copyrights © 2024