Abstrak: Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Google Site di Pondok Pesantren AZ-Zahra Lawang merupakan program pendampingan pengajar Pondok Pesantren Az- Zahra yang dilaksanakan secara periodik dengan melibatkan pengajar dalam kegiatan pendidikan yakni Pembuatan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Google Site. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada pengajar terkait media pembelajaran bahasa Arab serta melatih hardskill pengajar dalam menggunakan media pembelajaran berbasis google site di lingkungan Pesantren Az- Zahra. Adapun Pelaksanaan Pendampingan ini mengunakan metode RRA (Rapid Rural Appraisal), sedangkan metode dalam pelaksanaannya menggunakan teknik PRA (Participatory Rural Appraisal). Pondok Pesantren Az-Zahra adalah Lembaga pembelajaran yang memiliki perhatian besar terhadap pembelajaran Bahasa arab. Hal ini terlihat dalam kurikulum dan penggunaan sumber belajar yang menggunakan Bahasa arab. Adapun pengajar yang terdapat di pondok pesantren Az-Zahra berjumlah 10 orang. Dalam menyampaikan pembelajarannya, Pengajar masih menggunakan cara traditional dan minim dalam penggunaan media pembelajaran. Pada Tahap akhir yaitu evaluasi yang terdiri dari penilaian dan monitoring pendampingan yang diperoleh melalui observasi dan wawancara terhadap pengajar di Lembaga mitra. Hasil dari pendampingan ini yakni adanya peningkatan pengetahuan pengajar sebesar 90% terkait teori media pembelajaran Bahasa arab dan adanya peningkatan sebesar 80% dalam kompetensi pengajar dalam pembuatan media pembelajaran Bahasa arab berbasis google site.Abstract: Assistance in Creating Arabic Learning Media Based on Google Site at the AZ-Zahra Lawang Islamic Boarding School is a mentoring program for teachers of the Az-Zahra Islamic Boarding School which is carried out periodically by involving teachers in educational activities, namely the Creation of Arabic Learning Media Based on Google Site. This activity aims to provide insight to teachers related to Arabic language learning media and train teachers' hard skills in using google site-based learning media in the Az-Zahra Islamic Boarding School. The implementation of this assistance uses the RRA (Rapid Rural Appraisal) method, while the method in its implementation uses the PRA (Participatory Rural Appraisal) technique. Az-Zahra Islamic Boarding School is a learning institution that has a great interest in learning Arabic. This can be seen in the curriculum and the use of learning resources that use Arabic. The teachers at the Az-Zahra Islamic boarding school are 10 people. In delivering their learning, teachers still use traditional methods and are minimal in the use of learning media. In the final stage, it is an evaluation consisting of assessment and monitoring of assistance obtained through observation and interviews with lecturers at partner institutions. The result of this assistance is an increase in teachers' knowledge by 90% related to Arabic language learning media theory and an 80% increase in teacher competence in making Arabic language learning media based on google sites.
Copyrights © 2024