Jurnal Sistem Informasi dan Manajemen
Vol 12 No 1 (2024): Volume 12 Nomor 1 2024

PENGARUH STRATEGI KOMUNIKASI, KUALITAS PELAYANAN TELLER TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK MUALAMAT PALOPO

Patadungan, Hendriawan (Unknown)
Suhaila, Ghina (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2024

Abstract

PT Bank Muamalat Kota Palopo Cabang Ratulangi Kota Palopo merupakan perusahaan milik negara yang bergerak di bidang jasa dan perbankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) Pengaruh strategi komunikasi PT bank muamalat kota palopo Cabang terhadap kepuasan nasabah; (2) Pengaruh Kualitas Pelayanan Teller PT Bank Muamalat Kota Palopo terhadap Kepuasan Pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah simpanan dan tarik tunai, dari populasi tersebut diperoleh sampel sebanyak 30 orang dalam satu minggu pengumpulan. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel ini adalah Simple Random Sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket yang telah teruji dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Hasil analisis kuantitatif menggunakan persamaan Analisis Regresi Linier Berganda, dengan rancangan pengujian hipotesis menggunakan uji t (Parsial) dan Uji f (Simultan) dengan taraf signifikan yang digunakan adalah sebesar 0,050 atau 5%. Hasil uji t menunjukkan terdapat pengaruh antara variabel strategi komunikasi (X1) dengan thitung (5,526) > ttabel (2,937) dan Sig 0,000<0,050 serta variabel kualitas pelayanan (X2) dengan thitung (2,257)> t tabel (2,096) dan Sig0,029 < 0,050 terhadap kepuasan nasabah pada bank muamalat kota palopo Ratulangi. Hasil uji F menunjukkan Strategi Komunikasi (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) berpengaruh secara simultan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) Bank Muamalat Palopo dengan nilai F hitung (3,808) > F tabel (0,35) dan sig 0,000 < 0,050. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara umum strategi komunikasi dan kualitas pelayanan Teller berpengaruh signifikan terhadap terhadap terhadap kepuasan nasabah muamalat palopo.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jursima

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal ini merupakan sarana untuk mempublikasikan hasil penelitian orisinil yang berhubungan dengan sistem informasi dan komunikasi, sistem komputer, manajemen informatika serta bidang-bidang terkait lainnya. Adapun ruang lingkup jurnal JURSIMA ini meliputi: Manajemen E-Business dan E-Commerce ...