PT Bank Muamalat Kota Palopo Cabang Ratulangi Kota Palopo merupakan perusahaan milik negara yang bergerak di bidang jasa dan perbankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) Pengaruh strategi komunikasi PT bank muamalat kota palopo Cabang terhadap kepuasan nasabah; (2) Pengaruh Kualitas Pelayanan Teller PT Bank Muamalat Kota Palopo terhadap Kepuasan Pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah simpanan dan tarik tunai, dari populasi tersebut diperoleh sampel sebanyak 30 orang dalam satu minggu pengumpulan. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel ini adalah Simple Random Sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket yang telah teruji dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Hasil analisis kuantitatif menggunakan persamaan Analisis Regresi Linier Berganda, dengan rancangan pengujian hipotesis menggunakan uji t (Parsial) dan Uji f (Simultan) dengan taraf signifikan yang digunakan adalah sebesar 0,050 atau 5%. Hasil uji t menunjukkan terdapat pengaruh antara variabel strategi komunikasi (X1) dengan thitung (5,526) > ttabel (2,937) dan Sig 0,000<0,050 serta variabel kualitas pelayanan (X2) dengan thitung (2,257)> t tabel (2,096) dan Sig0,029 < 0,050 terhadap kepuasan nasabah pada bank muamalat kota palopo Ratulangi. Hasil uji F menunjukkan Strategi Komunikasi (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) berpengaruh secara simultan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) Bank Muamalat Palopo dengan nilai F hitung (3,808) > F tabel (0,35) dan sig 0,000 < 0,050. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara umum strategi komunikasi dan kualitas pelayanan Teller berpengaruh signifikan terhadap terhadap terhadap kepuasan nasabah muamalat palopo.
Copyrights © 2024