Prosiding Konferensi Nasional PKM-CSR
Vol 6 (2023): INOVASI PERGURUAN TINGGI & PERAN DUNIA INDUSTRI DALAM PENGUATAN EKOSISTEM DIGITAL & EK

IMPLEMENTASI CRM DI UMKM KOTA BANDUNG UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN PELANGGAN

Witjaksono, R Wahjoe (Unknown)
Puspitasari, Warih (Unknown)
Saputra, Muhardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2023

Abstract

Salah satu manfaat teknologi informasi adalah meningkatkan kemampuan perusahaan dalam persaingan di dunia usaha. KADIN Kota Bandung dalam membina UMKM binaannya, memandang perlu pengetahuan mengelola hubungan dengan pelanggan, melalui pelatihan Customer Relationship Management (CRM) menggunakan Odoo. CRM adalah strategi bisnis yang fokus pada interaksi dan hubungan yang baik antara perusahaan dengan pelanggannya. Odoo adalah platform perangkat lunak sumber terbuka yang menyediakan modul CRM yang lengkap dan dapat disesuaikan. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah pelatihan interaktif yang melibatkan para pemilik UMKM anggota KADIN Kota Bandung. Peserta diberikan pemahaman mendalam tentang pentingnya CRM dalam meningkatkan loyalitas pelanggan, merencanakan kampanye pemasaran yang efektif, serta memantau dan mengelola hubungan dengan pelanggan secara efisien. Selama pelatihan, para peserta diberikan pengetahuan dasar tentang konsep CRM, termasuk pengelolaan data pelanggan, analisis data, dan penggunaan alat CRM untuk mengoptimalkan interaksi dengan pelanggan. Mereka juga dilatih untuk menggunakan platform Odoo CRM dengan menggunakan fitur-fitur penting seperti pengelolaan kontak pelanggan, pelacakan prospek, manajemen penawaran, dan pelaporan. Hasil dari pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa pelatihan CRM menggunakan Odoo memberikan manfaat yang signifikan bagi UMKM anggota KADIN Kota Bandung. Para peserta menjadi lebih mampu dalam mengorganisir dan memanfaatkan data pelanggan dengan lebih efektif, meningkatkan kualitas hubungan dengan pelanggan, dan mengoptimalkan strategi pemasaran mereka. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan UMKM dapat meningkatkan daya saing mereka dan berkontribusi lebih besar terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Bandung. Tulisan ini juga menyoroti pentingnya pelatihan dan pengembangan keterampilan dalam meningkatkan kemampuan UMKM dalam mengadopsi teknologi dan strategi bisnis yang inovatif. Implementasi CRM menggunakan Odoo dapat menjadi langkah penting dalam memajukan sektor UMKM dan memperkuat ekosistem bisnis lokal di Kota Bandung.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pkmcsr

Publisher

Subject

Humanities Control & Systems Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Nursing Public Health Social Sciences

Description

Prosiding PKM-CSR merupakan rangkuman hasil Konferensi Nasional Pengabdian kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibilty (PKM-CSR) yang diselenggarakan setiap tahun oleh kolaborasi beberapa Perguruan Tinggi yaitu Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Universitas Pelita Harapan (UPH), Swiss ...