Salah satu skema yang dikembangkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) pada 2020 adalah Pengajaran Jarak Jauh BIPA (PJJ BIPA). Melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Nur Sultan, Badan Bahasa memberikan fasilitasi PJJ BIPA untuk Kazakstan dan Tajikistan. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan strategi yang dilakukan oleh pengajar BIPA pada program PJJ BIPA di Kazakstan dan Tajikistan. Sumber data dari penelitian ini adalah rekaman PJJ BIPA di Kazakstan dan Tajikistan pada 24 April—31 Juli 2021, laporan pengajar, dan pengajarnya sendiri. Pengumpulan data dari penelitian ini dilakukan dengan mengombinasikan metode observasi, teknik catat, dan wawancara. Data dianalisis secara kualitatif deskriptif. Berdasarkan analisis diketahui bahwa strategi yang digunakan pengajar dalam PJJ BIPA di Kazakstan dan Tajikistan meliputi beberapa hal berikut 1) pendekatan yang digunakan pengajar adalah pendekatan berbasis teks. 2) Tahapan yang digunakan pengajarannya meliputi building knowledge of the field, modelling, joint construction, dan independent construction. 3) Metode yang digunakan adalah metode terjemahan, metode langsung, dan metode komunikatif. 4) PJJ BIPA dilaksanakan secara sinkronus dan asinkronus. 5) Media yang digunakan berupa media berbasis TIK seperti Padlet, Wordwall, LearningApps, Wheelofnames, dan Schoology serta permainan berbasis TIK. 6) Bahan ajar yang digunakan adalah Buku Sahabatku Indonesia tahun 2019 serta bahan ajar video dan audio.
Copyrights © 2024