Mejuajua
Vol. 3 No. 3 (2024): April 2024

Pelatihan CLIL bagi Guru SMK PGRI 3 Denpasar: Perencanaan, Penerapan dan Penilaian

Budiarta, I Komang (Unknown)
Putri Maharani, Anak Agung (Unknown)
Putu Arsana, Anak Agung (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2024

Abstract

Pembelajaran yang inovatif dan mampu memfasilitasi peningkatan pemahaman substansi materi dan mengembangkan kemampuan berbahasa sangat tepat diterapkan pada sekolah-sekolah seperti vokasi yang bertujuan untuk memberikan kompetensi atau pengetahuan terkait program keahlian dan kemampuan berbahasa Inggris. Berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan di SMK PGRI 3 Denpasar, Guru Bahasa Inggris memerlukan sebuah pendekatan yang mampu meningkatkan pemahaman konten dan bahasa. Hal inilah yang mendasari pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dilaksanakan oleh Tim Pelaksana PkM Prodi. Kegiatan PkM yang dilaksanakan di SMK PGRI 3 Denpasar diawali dengan melaksanakan observasi tentang kebutuhan para guru yang menginginkan pembelajaran yang inovatif. Setelah disepakati jenis kegiatan yang dilaksanakan, kegiatan utama PkM dalam bentuk kegiatan pelatihan dan pendampingan kemudian dilaksanakan pada tanggal 8 dan 9 Desember 2023. Kegiatan PkM ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dari para peserta tentang Content and Language Integrated Learning (CLIL). Hal ini dapat dilihat dari hasil pre-tes dan post-tes. Guru Bahasa Inggris juga menunjukkan antusiasme dan keaktifan mereka selama kegiatan. Mereka mengikuti seluruh kegiatan dengan sangat partisipatif. Mereka juga menyarankan agar kegiatan pendalaman tentang CLIL diberikan lagi kepada mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mejuajua

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Other

Description

Health, welfare based on local wisdom, design and application of appropriate technology, the application of effective communication and learning methods and related ...