Artikel atau tulisan ini bertujuan untuk menganalisis peran kepala sekolah terhadap perilaku organisasi di SMK Al Hikmah Mesuji serta menganalisis upaya kepala sekolah dalam meningkatkan perilaku dalam organisasi yang ada di SMK Al Hikmah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus di SMK Al Hikmah, Kecamatan Mesuji. Data dikumpulkan melalui observasi non-partisipan dan dianalisis melalui pengumpulan, reduksi, dan penyajian data. Kajian ini menyimpulkan bahwa Kepala sekolah SMK Al Hikmah Mesuji memainkan peran vital dalam pengelolaan pendidikan dengan memberikan teladan, mengelola konflik, memastikan disiplin, serta meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pelatihan dan evaluasi. Kepala sekolah berperan penting dalam pencapaian tujuan pendidikan dan peningkatan kualitas di SMK Al Hikmah melalui keterlibatan anggota sekolah dalam pengambilan keputusan dan pemberian teladan. Kepala sekolah SMK Al Hikmah meningkatkan perilaku organisasi dengan pengelolaan konflik, komunikasi efektif, dan keputusan partisipatif, serta evaluasi rutin yang mendukung kinerja dan pengembangan profesional.
Copyrights © 2024