Journal of Law & Policy Review
Vol 2, No 2 (2024): Journal of Law & Policy Review, December 2024

Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Pertamina Prabumulih Tahun 2023

Andriyani, Andriyani (Unknown)
Marzuki, Muhammad Ervan (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2024

Abstract

Artikel atau tulisan ini bertujuan untuk menganalisis Indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Pertamian Prabumulih dan Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Pertamina Prabumulih Tahun 2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan populasi pasien di Instalasi Gawat Darurat, Rawat Jalan, dan Rawat Inap. Sampel diambil secara insidentil dari 100 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan nilai IKM untuk menentukan indeks kepuasan masyarakat. Kajian ini menyimpulkan bahwa Aspek tangibles dinilai "Baik", dengan rekomendasi penambahan fasilitas dan perbaikan kebersihan. Aspek reliability, responsiveness, assurance, dan empathy memperoleh nilai "Sangat Baik", menunjukkan keandalan, kecepatan, keramahan, dan perhatian yang memuaskan. Namun, sarana dan prasarana, waktu penyelesaian pelayanan, dan spesifikasi jenis pelayanan menunjukkan nilai IKM lebih rendah. Rekomendasi mencakup peningkatan fasilitas, efisiensi waktu pelayanan, dan kejelasan informasi layanan untuk meningkatkan kepuasan pasien.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jlpr

Publisher

Subject

Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Journal of Law & Policy Review, is is a Journal of Law, Human Rights, Citizenship, Pancasila, Civic Education, Public Policy, Administration and Political Governance. The published paper is the result of research, reflection, and criticism with respect to the advantages and disadvantages of ...