Artikel atau tulisan ini bertujuan untuk menganalisis Indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Pertamian Prabumulih dan Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Pertamina Prabumulih Tahun 2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan populasi pasien di Instalasi Gawat Darurat, Rawat Jalan, dan Rawat Inap. Sampel diambil secara insidentil dari 100 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan nilai IKM untuk menentukan indeks kepuasan masyarakat. Kajian ini menyimpulkan bahwa Aspek tangibles dinilai "Baik", dengan rekomendasi penambahan fasilitas dan perbaikan kebersihan. Aspek reliability, responsiveness, assurance, dan empathy memperoleh nilai "Sangat Baik", menunjukkan keandalan, kecepatan, keramahan, dan perhatian yang memuaskan. Namun, sarana dan prasarana, waktu penyelesaian pelayanan, dan spesifikasi jenis pelayanan menunjukkan nilai IKM lebih rendah. Rekomendasi mencakup peningkatan fasilitas, efisiensi waktu pelayanan, dan kejelasan informasi layanan untuk meningkatkan kepuasan pasien.
Copyrights © 2024