Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi hasil belajar peserta didik pada materi puasa Ramadhan kelas V di SDN 5 Putri Betung Gayo Lues dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi puasa ramadhan kelas V di SDN 5 Putri Betung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, desainnya adalah pre-eksperimental design jenis one group pretest posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada pretest diperoleh nilai rata-rata sebesar 42,69 dan pada posttest sebesar 68,46. Berdasarkan uji N-Gain diperoleh peningkatan hasil belajar Pendidikan agama Islam peserta didik dengan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan kategori gain sedang yaitu 0, 4704. Hasil penelitian yang diperoleh dari hasil uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% yaitu thitung > ttabel (7.833 > 2.060) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi puasa ramadhan kelas V di SD Negeri 5 Putri Betung Kabupaten Gayo Lues.
Copyrights © 2024