Penelitian ini bertujuan untuk: l) Untuk mengetahui bagaimana guru mengonsep Pendidikan Agama Islam dan meningkatkan rasa percaya diri siswa; 2) Untuk mengetahui bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas 7 A di SMP Alfa Ali Masykur Wonosobo; 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat upaya peningkatan rasa percaya diri siswa kelas 7 A SMP Alfa Ali Masykur Wonosobo. Upaya guru Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam belajar dapat dilakukan dengan cara memberikan dorongan kepada siswa, mengapresiasi hasil yang telah dicapai siswa, melakukan pendekatan dengan memperkuat komunikasi dengan siswa yang kurang percaya diri, dan menyebutkan hasil. dari setiap siswa untuk menumbuhkan rasa semangat bersaing. Sedangkan faktor penghambat peningkatan rasa percaya diri adalah bagi mereka yang bersekolah bukan karena keinginan sendiri melainkan paksaan dari orang tua
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024