Griya Journal of Mathematics Education and Application
Vol. 3 No. 3 (2023): September 2023

Peranan Model Pembelajaran NHT dalam Perbaikan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa

Jumrah, Jumrah (Unknown)
Hamdana, Hamdana (Unknown)
Rahmayani, Sitti (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2023

Abstract

Fokus penelitian ini adalah tentang bagaimana peranan model pembelajaran NHT dalam perbaikan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII5 SMPN 3 Lembang. Adapun yang menjadi subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII5 SMP Negeri 3 Lembang pada semester Genap 2021/2022, yang berjumlah 40 orang. Data pada penelitian ini ada dua yaitu data tentang peningkatan hasil belajar peserta didik diambil dari tes setiap siklus sedangkan data tentang situasi dan kondisi pembelajaran pada saat pelaksanaan tindakan diperoleh dengan menggunakan lembar observasi. Data hasil belajar dianalisis secara kuantitatif dan data tentang proses belajar mengajar di kelas dianalisis menggunakan analisis kualitatif. Setelah dilaksanakan penelitian, nilai rata-rata pada tes akhir siklus I ialah 48,08 dengan simpangan baku 19,78 dan skor rata-rata pada siklus kedua 75,55 dengan simpangan baku 14,96. Meningkatnya prestasi belajar matematika peserta didik dengan penggunaan model pembelajaran Number Head Together dapat dilihat dari semakin meningkatnya persentase kelulusan peserta didik yang sebelumnya berada pada kategori rendah pada siklus I menjadi kategori tinggi pada siklus II.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Griya

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Griya Journal of Mathematics Education and Application adalah Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika yang dikelola oleh Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Mataram. Fokus dan ruang lingkup dari jurnal ini adalah artikel ilmiah baik berupa hasil penelitian, review artikel maupun ...