Jurnal Abdimas Prakasa Dakara
Vol. 4 No. 1 (2024): Peningkatan Kompetensi SDM Melalui Pelatihan dan Pendampingan

Pendampingan Pembelajaran Bagi Guru PAUDQU dan TPQ Al Ikhlas: Bermain dan Belajar Menyenangkan Bagi Anak

Nadar, Wahyuni (Unknown)
Pujianti, Yuli (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2024

Abstract

PAUDQU dan TPQ Al-Ikhlas merupakan Lembaga Pendidikan Qur’an (LPQ) yang mengelola pembelajaran bagi anak usia dini sampai anak usia sekolah dasar di kelurahan Kayuringinjaya, Bekasi Selatan, Jawa Barat. Dilatarbelakangi pentingnya pemahaman dalam mengelola, memahami kurikulum dan melaksanakan program pembelajaran di lembaga tersebut, terungkap bahwa masih ditemukan guru yang belum memahami cara mengelola pembelajaran. Penyebabnya dikarenakan latar belakang pendidikan guru di sana yang mayoritas lulusan SMA dan Aliyah. Berangkat dari fakta tersebut, untuk memberikan pemahaman mengelola pembelajaran PAUDQU dan TPQ yang tepat, maka dilakukan tindakan untuk mengintegrasikan program pembelajaran yang tepat dan sesuai perkembangan anak di lembaga mitra akan lebih terstruktur dan terprogram. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, dengan pelaksana terdiri dari 8 dosen dan dibantu 15 mahasiswa sebagai pendamping. Hasil kegiatan PKM menunjukan adanya peningkatan kemampuan guru PAUDQU dan TPQ Al Ikhlas dalam menyusun perencanaan pembelajaran, pemahaman dan aplikasi kurikulum untuk anak usia dini dengan konsep bermain yang menyenangkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

japd

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Abdimas Prakasa Dakara is a peer-reviewed and open-access journal managed and published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Kusuma Negara, Jakarta, half-yearly in April and October. The aims to be open access ...