Dhabit : Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 4 No. 1 (2024): Jurnal Dhabit : Jurnal Pendidikan Islam

STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM PENANAMAN KARAKTER SISWA

A. Ahdani Disaf (Unknown)
Aris Adi Leksono (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2024

Abstract

Pendidikan Agama Islam sebagai salah satu bidang studi yang dapat dijadikan sebagai sarana untuk menciptakan nilai rasa, moral, watak dan tingkah laku manusia etintasnya, kedepan semakin akan terasa penting sejalan dengan adanya akselerasi perkembangan peradaban manusia. Kesiapan langkah antisipatif atas kemerosotan moralitas Islami peserta didik dan problematika pendidikan agama Islam di sekolah tak ubahnya seperti hanya sekedar rutinitas dalam rangka hanya sebagai suplemen kegiatan pembelajaran yang seperti halnya tidak memiliki fungsi yang begitu penting. Pendekatan penelitian secara kualitatif adalah pendekatan yang peneliti gunakan dalam penyusunan penelitian ini. Menurut Sugiyono penelitian kualitatif adalah penelitian yang berlandaskan pada filsafat post positivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball, teknik pengumpulan dengan trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna daripada generalisasi. Berdasarkan hasil paparan dan pembahasan penelitian tentang “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Dalam Penanaman Karakter di SMAN 1 Kadupandak dan SMA Darul Ulum Kabupaten Cianjur”, didapatkan hasil sebagai berikut: (1). Strategi pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam penanaman karakter siswa di SMAN 1 Kadupandak dan SMA Darul Ulum Kabupaten Cianjur, yaitu sebanyak 5 strategi yang terdiri dari strategi pembelajaran langsung, strategi pembelajaran tidak langsung, strategi pembelajaran intercative learning, strategi pembelajaran experiental learning, dan strategi pembelajaran mandiri. (2). Proses penanaman karakter siswa yang dilakukan di SMAN 1 Kadupandak dan SMA Darul Ulum Kabupaten Cianjur terdapat 3 tahap, yaitu pengetahuan moral, perasaan moral dan tindakan moral.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dhabit

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Artikel yang dimuat disini merupakan hasil penelitian, kajian dan gagasan di bidang pendidikan Islam dari para guru Pendidikan Agama Islam, pengawas PAI, dosen, pejabat dan pemerhati pendidikan Islam terutama Pendidikan Agama Islam di ...