Problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam salah satunya dikarenakan kurang menarik. Hal ini dikarenakan guru didalam menyampaikan pembelajaran terlalu monoton dan membosankan. Guru selalu menjadi peran utama dalam pembelajaran tidak memberikan kesempatan kepada siswanya untuk mengeksplorasi pengetahuannya. Dengan menerapkan pedekatan saintifik diharapkan peserta didik mempunyai kompetensi baik keterampilan, pengetahuan, dan sikap. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya menggunakan reduksi, pengumpulan data, display, dan verifikasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data agar kredibel menggunkan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran PAI di SMA Darul Ulum Driyorejo Gresik dimulai dengan perencanaan sebagai persiapan guru sebelum melakukan proses pembelajaran termasuk bagaimana dalam mendesain pembelajaran. Guru dalam pembelajaran PAI telah mengimplementasikan pembelajaran yang berbasis saintifik dibuktikan guru menerapkan langkah-langkah seperti menyampaikan pendahuluan, melakukan kegiatan inti, dan penutup. 2) Yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pendekatan saintifik adalah faktor internal dan eksternal.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024