Dhabit : Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 4 No. 1 (2024): Jurnal Dhabit : Jurnal Pendidikan Islam

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA DARUL ULUM GRESIK

Muhamad Kusyairi (Unknown)
Ashari (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2024

Abstract

Problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam salah satunya dikarenakan kurang menarik. Hal ini dikarenakan guru didalam menyampaikan pembelajaran terlalu monoton dan membosankan. Guru selalu menjadi peran utama dalam pembelajaran tidak memberikan kesempatan kepada siswanya untuk mengeksplorasi pengetahuannya. Dengan menerapkan pedekatan saintifik diharapkan peserta didik mempunyai kompetensi baik keterampilan, pengetahuan, dan sikap. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya menggunakan reduksi, pengumpulan data, display, dan verifikasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data agar kredibel menggunkan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran PAI di SMA Darul Ulum Driyorejo Gresik dimulai dengan perencanaan sebagai persiapan guru sebelum melakukan proses pembelajaran termasuk bagaimana dalam mendesain pembelajaran. Guru dalam pembelajaran PAI telah mengimplementasikan pembelajaran yang berbasis saintifik dibuktikan guru menerapkan langkah-langkah seperti menyampaikan pendahuluan, melakukan kegiatan inti, dan penutup. 2) Yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pendekatan saintifik adalah faktor internal dan eksternal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dhabit

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Artikel yang dimuat disini merupakan hasil penelitian, kajian dan gagasan di bidang pendidikan Islam dari para guru Pendidikan Agama Islam, pengawas PAI, dosen, pejabat dan pemerhati pendidikan Islam terutama Pendidikan Agama Islam di ...