Salah satu permasalahan yang di hadapi oleh dunia perzakatan Indonesia adalah jauhnya selisih antara potensi Zakat Nasional dengan zakat yang terkumpulkan. Seharusnya, apabila potensi zakat tersebut dapat tercapai maka berbagai program dapat terlaksanakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi kemiskinan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris variabel-variabel dalam penelitian yang telah dirumuskan dalam rumusan masalah. Yaitu bagaimana pengaruh Pelayanan (X1) terhadap Kepuasan (Z), Transparansi (X2) terhadap Kepuasan (Z), terhadap Akuntabilitas (X3) terhadap Kepuasan (Z), bagaimana pengaruh Pelayanan (X1) terhadap Loyalitas (Y), terhadap Transparansi (X3) terhadap Loyalitas (Y), terhadap Akuntabilitas (X3) terhadap Loyalitas (Y), terhadap bagaimana pengaruh Kepuasan (Z) terhadap Loyalitas (Y). pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik Purposive Sampling sejumlah 102 Muzakki dari 3500 Populasi Muzakki. Analisis yang dilakukan dengan menggunakan Path Analisis. Dan Uji hipotesis dilakukan dengan bantuan software SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan para muzakki, Transparansi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan para muzakki, Akuntabilitas berpengaruh signifikan terhadap kepuasan para muzakki, Pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas, Transparansi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas, Akuntabilitas berpengaruh signifikan terhadap loyalitas, Kepuasan para muzakki berpengaruh signifikan terhadap loyalitas.
Copyrights © 2024