Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran PPKn terhadap kesadaran hukum pada siswa SMP Negeri 1 Batu Hampar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode asosiatif dan hubungan sebab-akibat (kausal). Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa SMP Negeri 1 Batu Hampar, yang berjumlah 320 siswa dari kelas VII, VIII, dan IX pada periode 2023/2024. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik proporsional random sampling yaitu teori dari Suharsimi Arikunto, dengan taraf 25% dari total populasi, sehingga jumlah responden adalah 80 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan aplikasi IBM SPSS version 25. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji regresi linear sederhana, uji hipotesis (uji F), uji koefisien korelasi, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini di dapat bahwa pembelajaran PPKn memiliki pengaruh positif terhadap kesadaran hukum yang dibuktikan dengan hasil uji F diperoleh Fhitung sebesar 30,768 dan Ftabel sebesar 3,96 dimana hal tersebut menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, serta diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,283 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (Pembelajaran PPKn) terhadap variabel terikat (Kesadaran Hukum) adalah sebesar 28,3%. Adapun rekomendasi dari penelitian ini yaitu bagi siswa diharapkan dapat mengikuti pembelajaran PPKn dengan baik dan harus menanamkan sikap dan perilaku yang taat pada aturan sekolah sebagai wujud dari bentuk kesadaran hukum di sekolah serta dapat mengimplementasikan pembelajaran PPKn yang berguna sebagai acuan maupun arahan untuk menjadi warga negara yang memiliki kesadaran hukum yang tinggi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024