Pendidikan Kewarganegaraan
Vol 14, No 1 (2024): Pendidikan Kewarganegaraan

Pengaruh Integrasi Seni Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMKN 3 Kasihan Bantul

Khasanah, Isrofiah Laela (Unknown)
Kurnia, Heri (Unknown)
Wahono, Joko (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana integrasi seni dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dapat memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa SMKN 3 Kasihan Bantul. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan populasi seluruh siswa kelas XI SMKN 3 Kasihan Bantul. Teknik pengambilan sampel peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Penggunaan sampel sebanyak 187 siswa dari banyaknya populasi sebesar 323 siswa. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh hasil analisis uji t diketahui bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara variabel integrasi seni dan variabel motivasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t sebesar 26,350. Sedangkan pada ttabel adalah 1,972 pada taraf signifikansi 5% yang berarti bahwa Ha diterima. Selain itu juga diperoleh persamaan regresi Y = 1,018 + 1,014X, artinya jika nilai integrasi seni (X) mengalami kenaikan 1, maka motivasi belajar siswa (Y) mengalami peningkatan sebesar 1,014 dengan nilai konstanta 1,018. Koefisien determinasi (R Square) sebesar 0.790 artinya variabel bebas mempengaruhi variabel terikat sebesar 79% dan sisanya sebesar 21% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Copyrights © 2024