Al Mabhats : Jurnal Penelitian Sosial Agama
Vol 3 No 2 (2018): Al-Mabhats : Jurnal Penelitian Sosial Agama

Pendidik dalam Perspektif Al-Qur’an

Hasanah, Hasanah (Unknown)
AR, Nasruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2018

Abstract

Seorang guru bisa mengemban amanah sebagai pendidik dengan baik, apabila ia mengerti akan berbagai teori yang menyangkut dirinya yang bertugas sebagai guru. Dalam kaitannya dengan masalah tersebut, akan dibahas dalam penelitian ini berbagai asumsi yang diambil dari sumber utama agama Islam yakni Al-Qur’an. Dalam sumber tersebut terdapat banyak sekali literatur-literatur yang membahas tentang pendidik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dengan jenis penelitian kalitatif, penganalisaan data lebih difokuskan pada penelitian perpustakaan (library research), yaitu dengan membaca, menelaah dan mengakaji buku-buku dan sumber tulisan yang erat kaitannya dengan masalah yang dibahas, yaitu berpedoman dari Al-Qur’an, dan dibantu dengan buku-buku lain yang mendukung sebagai referensi sekunder dari beberapa pemikiran para tokoh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang berbagai teori tentang pendidik (guru) dalam perspektif Al-Qur’an dan Sunnah Rasul.Diantaranya tentang Sifat guru, hakikat dan tugas guru, serta kompetensi Guru. Dari hasil penelitian maka telah ditemukan beberapa hal diantaranya pendidik dalam perspektif Al-Qur’an, (1) Pendidik memiliki akhlak yang baik dalam surat Al-Hud: 11, (2) Pendidik yang berhati lembut dalam surat at-Taaha: 43-44, (3) Pendidik yang berfikir positif dalam surat Ali Imran: 190, (4) Pendidik harus memiliki sifat hati-hati dalam surat Al-Isra: 18.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

AlMabhats

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences Other

Description

Al Mabhats Jurnal Penelitian Sosial Agama is a national research journal focusing on socio-religious studies, Islamic traditions, local wisdom, and inter-religious ...