Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Vol. 1 No. 3 (2024): Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

METODE JARIMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 1 SINDANGRATU

Nabil Makarim (Unknown)
Safna Anggaraeni Syahid (Unknown)
Sabrina Mustika Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2024

Abstract

Matematika dianggap sebagai momok yang menakutkan bagi sebagian besar siswa SD. Hal ini berdampak pada rendahnya minat dan motivasi belajar matematika. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas penerapan metode jarimatika dalam meningkatkan pembelajaran matematika siswa SD melalui studi kasus di SDN 1 Sindangratu. Metode jarimatika memanfaatkan gerakan jari-jemari tangan siswa sebagai media interaktif dalam memahami konsep-konsep matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode ini mampu meningkatkan antusiasme, motivasi, serta pemahaman matematika siswa. Akan tetapi, masih terdapat beberapa kendala seperti penyesuaian lingkungan belajar dan kelelahan tangan pada sebagian siswa. Rekomendasi yang diberikan guna optimalisasi penerapan jarimatika antara lain pelatihan rutin pada guru, penyesuaian teknik dan materi dengan kompetensi siswa, pendampingan media interaktif, serta evaluasi berkala. Simpulan penelitian ini adalah bahwa metode jarimatika terbukti efektif meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi matematika siswa SD jika diterapkan secara optimal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

trigonometri

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Mathematics Physics

Description

Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam adalah jurnal yang mempublish berbagai rumpun ilmu alam diataranya Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika. Jurnal ini diterbitkan oleh SWA Anugrah penerbit beranggota IKAPI. Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun. Jurnal ini mengundang para ...