Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan penalaran matematis siswa Sekolah Menengah Atas dalam menyelesaikan soal PISA.metode yang digunakan peneliti untuk menemukan pengetahuan atau teori terhadap penelitian pada satu waktu tertentu yaitu metode kualitatif deskriptif.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan penelitian sebanyak 18 siswa dengan kriteria kemampuan baik, cukup baik, kurang, dan sangat kurang.Data dikumpulkan melalui tes dan wawancara, kemudian dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan konsep Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikkan kesimpulan.Hasil penelitian (1) subjek dengan kriteria baik mampu menggunakan semua indikator penalaran matematis. (2) subjek dengan kriteria cukup baik menggunakan indikator penalaran matematis yaitu memperkirakan proses dan penyelesaian, menggunakan pola dan hubungan untuk menganalisis situasi matematis,menyusun bukti atau alasan menggunakan langkah sistematis dan menarik kesimpulan logis.(3) subjek dengan kriteria kurang menggunakan indikator penalaran matematis yaitu menyusun bukti atau alasan menggunakan langkah sistematis.(4)subjek dengan kriteria sangat kurangmenggunakan indikator penalaran matematis yaitu menyusun bukti atau alasan menggunakan langkah sistematis. Kata Kunci: Profil penalaran matematis, Soal PISA
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024