Tujuan penelitian ini untuk memperoleh deskripsi kemampuan problem solving (pemahaman masalah) pada siswa SMP Darudda’wah kelas VII, punggur kecil tahun pelajaran 2023/2024. penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 3 orang siswa SMP Darudda’wah punggur kecil, kecamatan sungai kakap, kabupaten kubu raya yang di tinjau dari kemampuan problem solving (pemecahan masalah). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan soal tes tertulis berdasarkan indikator kemampuan problem solving (pemecahan masalah) yaitu: (1) memahami masalah; (2) merencanakan masalah; (3) melaksanakan rencana penyelesaian masalah; (4) memeriksa kembali hasil yang diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukan ada 3 siswa yang memiliki kategori problem solving (pemecahan masalah) yaitu; (1) kategori tinggi 5,88% yang mana tergolong baik dalah memenuhi semua indikator problem solving, (2) kategori sedang 70,58% yang dapat memahami masalah, melaksanakan rencana penyelesaian masalah dan memeriksa kembali hasil yang diperoleh, (3) kategori rendah 23,52% yang mana tergolong sangan kurang dalam memenuhi semua indikator problem solving. Kata kunci : kemampuan, problem solving
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024