Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia
Vol 14, No 1 (2024): Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia

Pengaruh Kinerja Lingkungan dan Corporate Social Responsibility Disclosure terhadap Reputasi Perusahaan dengan Kepuasan Masyarakat Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada PT. Kaltim Prima Coal)

Dewanto, Nugroho (Unknown)
Sanosra, Abadi (Unknown)
Susbiyani, Arik (Unknown)
Qomariah, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2024

Abstract

Reputasi perusahaan merupakan aset penting yang dapat memberikan keunggulan kompetitif dan meningkatkan kinerja perusahaan. Pada perusahaan industri pertambangan, reputasi perusahaan merupakan hal yang krusial karena reputasi perusahaan berkaitan dengan penilaian masyarakat dan pemangku kepentingan terhadap operasional perusahaan. Reputasi perusahaan dapat dicapai dengan mencapai kinerja lingkungan, melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan. Tujuan penelitian adalah untuk menguji pengaruh kinerja lingkungan, tanggung jawab sosial perusahaan yang berdampak terhadap kepuasan masyarakat dan meningkatkan reputasi perusahaan. Pendekatan penelitian adalah penelitian kuantitatif yang menggali persepsi masyarakat penerima manfaat dari kinerja lingkungan dan kegiatan CSR yang dilakukan PT. Kaltim Prima Batubara. Populasi penelitian adalah masyarakat penerima manfaat program tanggung jawab sosial perusahaan di sekitar PT Kaltim Prima Coal di Sangatta, Kutai Timur, Kalimantan Timur. Sampel penelitian berjumlah 100 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja lingkungan berpengaruh positif dan signifikan dengan koefisien sebesar 0,52 dan nilai p 0,01. CSR berpengaruh positif dan signifikan dengan koefisien sebesar 0,32 dan p value 0,01. Kinerja lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap reputasi perusahaan dengan koefisien sebesar 0,36 dan nilai p 0,01. CSR berpengaruh positif dan signifikan terhadap reputasi perusahaan dengan koefisien sebesar 0,23 dan p value 0,01. Kepuasan masyarakat berpengaruh positif dan signifikan terhadap reputasi perusahaan dengan koefisien sebesar 0,44 dan nilai p 0,01. Kinerja lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap reputasi perusahaan yang dimediasi oleh kepuasan masyarakat dengan koefisien sebesar 0,225. CSR berpengaruh positif dan signifikan terhadap reputasi perusahaan yang dimediasi oleh kepuasan masyarakat dengan koefisien sebesar 0,139.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SMBI

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Sains dan Manajemen Bisnis Indonesi adalah jurnal ilmiah dalam sains manajemen dan bisnis yang dikhususkan untuk publikasi hasil-hasil penelitian empirik maupun penelitian kepustakaan dalam bidang manajemen dan bisnis. Jurnal ini dikelola Oleh Magister Ilmu Manajemen dan Bisnis Universitas ...