CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC)
Vol 10, No 1 (2024)

EFEKTIVITAS METODE TANYA JAWAB DENGAN VARIASI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PKN

Gulo, Alimudin (Unknown)
Prayogi, Ryan (Unknown)
Novianda, Dodo (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2024

Abstract

ABSTRAKTahun pelajaran 2022/2023 ini, SMK Swasta Mandiri mulai menerapkan kurikulummerdeka dengan pilihan mandiri berubah di kelas X. Dengan demikian guru-guruyang ada di SMK ini mulai menyusun modul ajar sebagai perangkat pembelajaran.Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SMK SwastaMandiri Labuhan Batu Sumatera Utara pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023, pada bulan November 2022 Tahun Pelajaran 2022/ 2023. Hasil padapenelitian ini Berdasarkan hasil pelaksanaan penelitian tindakan kelas mengenaipenerapan Metode Tanya Jawab pada siswa kelas VIII SMPN 1 Mandrehe dalammata pelajaran PPKn yang berlangsung selama 3 siklus penelitian dapat disimpulkan1)Selama berlangsung PTK, upaya penerapan metode Tanya Jawab dangan variasimedia pembelajaran telah dikelola dengan baik. 2) Kegiatan pembelajaran denganmetode Tanya Jawab dengan variasi media yang dikelola dengan baik ternyatacukup efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa; 3) Media pembelajaranmembuat karangan dan menggambar yang divariasikan dengan Metode TanyaJawab ternyata cukup efektif untuk menyampaikan materi Pancasila sebagai DasarNegara dan sebagai Ideologi Negara; 4) Hipotesis tindakan yang menyatakan“apabila upaya penerapan metode Tanya Jawab dangan variasi media pembelajarandapat berjalan efekltif, maka hasil belajar siswa akan meningkat” dapat diterima.Keyword: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila—————————— ◆ ——————————

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

civic

Publisher

Subject

Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

CIVITAS : Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Civic terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Maret dan September, berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, dosen dan mahaiswa dalam disiplin ilmu kependidikan dan pembelajaran serta ...