Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Powtoon Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengeja Permulaan Pada Peserta Didik Kelas 1 SDN 104245 Tumpatan. Untuk mengetahui kelayakan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Powtoon Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengeja Permulaan Pada Peserta Didik Kelas 1 SDN 104245 Tumpatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan mengacu pada model 4D yang teridiri dari 4 tahap, yaitu: Definisi (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (dissemination). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif. Hasil validasi media menunjukkan bahwa rata-rata penilaian secara keseluruhan terhadap ahli media didapatkan persentase sebesar 98%. Persentase ini termasuk kriteria sangat valid (sangat layak). Hasil validasi materi menunjukkan bahwa rata-rata penilaian secara keseluruhan didapatkan persentase sebesar 96%. Persentase ini termasuk kriteria valid (layak) untuk digunakan sebagai Bahan ajar dalam aktivitas pembelajaran siswa kelas I SD untuk meningkatkan kemampuan mengeja permulaan.
Copyrights © 2024