Jurnal Ekonomika dan Manajemen
Vol 13, No 1 (2024)

PENTINGNYA CORPORATE CULTURE UNTUK MENCAPAI GOALS PERUSAHAAN (Studi Kasus PT Pelindo Marine Service)

Rukmiadim, Dwi Masitoh (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisinis, Universitas Trunojoyo Madura)
Safvitri, Cindy (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisinis, Universitas Trunojoyo Madura)
Anshori, Mochammad Isa (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisinis, Universitas Trunojoyo Madura)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2024

Abstract

Budaya perusahaan memainkan peran penting dalam mencapai tujuan organisasi dengan membentuk perilaku, memandu pengambilan keputusan, dan mendorong keberlanjutan. Penelitian ini mengkaji pentingnya budaya perusahaan dengan fokus pada PT. Pelindo Marine Service (PT PMS), penyedia jasa maritim terkemuka di Indonesia. Melalui tinjauan literatur dan metode kualitatif termasuk wawancara, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana budaya perusahaan PT PMS, yang didasarkan pada nilai-nilai seperti dapat dipercaya, kompetensi, harmoni, loyalitas, kemampuan beradaptasi, dan kolaborasi, dengan kata budaya organisasi ini sering disebut dengan AKHLAK. Budaya organisasi AKHLAK dapat mempengaruhi perilaku karyawan, strategi organisasi, dan hasil kinerja. Temuan menunjukkan bahwa budaya perusahaan PT Pelindo Marine Service yang kuat tidak hanya meningkatkan keterlibatan karyawan dan kepuasan pelanggan namun juga mendorong efisiensi operasional dan perluasan pasar. Faktor kunci yang berkontribusi terhadap keberhasilan budaya perusahaan PT Pelindo Marine Service antara lain keterlibatan karyawan secara aktif, komunikasi yang transparan, dan evaluasi yang berkesinambungan. Data kinerja perusahaan dan survei kepuasan pelanggan menunjukkan bahwa budaya perusahaan yang kuat memiliki dampak positif pada pertumbuhan pendapatan, kualitas layanan, dan reputasi perusahaan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ema

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Finance, Marketing, Operation, and Human Resource Management, Entrepreneurship, Business ethics, Sustainability, Knowledge Management and Learning ...