Budaya perusahaan memainkan peran penting dalam mencapai tujuan organisasi dengan membentuk perilaku, memandu pengambilan keputusan, dan mendorong keberlanjutan. Penelitian ini mengkaji pentingnya budaya perusahaan dengan fokus pada PT. Pelindo Marine Service (PT PMS), penyedia jasa maritim terkemuka di Indonesia. Melalui tinjauan literatur dan metode kualitatif termasuk wawancara, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana budaya perusahaan PT PMS, yang didasarkan pada nilai-nilai seperti dapat dipercaya, kompetensi, harmoni, loyalitas, kemampuan beradaptasi, dan kolaborasi, dengan kata budaya organisasi ini sering disebut dengan AKHLAK. Budaya organisasi AKHLAK dapat mempengaruhi perilaku karyawan, strategi organisasi, dan hasil kinerja. Temuan menunjukkan bahwa budaya perusahaan PT Pelindo Marine Service yang kuat tidak hanya meningkatkan keterlibatan karyawan dan kepuasan pelanggan namun juga mendorong efisiensi operasional dan perluasan pasar. Faktor kunci yang berkontribusi terhadap keberhasilan budaya perusahaan PT Pelindo Marine Service antara lain keterlibatan karyawan secara aktif, komunikasi yang transparan, dan evaluasi yang berkesinambungan. Data kinerja perusahaan dan survei kepuasan pelanggan menunjukkan bahwa budaya perusahaan yang kuat memiliki dampak positif pada pertumbuhan pendapatan, kualitas layanan, dan reputasi perusahaan.
Copyrights © 2024