Kemandirian belajar matematika siswa tergolong belum maksimal digali oleh siswa dalam pembelajaran dengan fokus utama pada guru. Maka diperlukan suatu model pembelajaran yang melibatkan kegiatan yang berpusat pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap kemandirian belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimenĀ dan posttest only group design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Nisam. Dengan teknik purposive sampling diperoleh siswa kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian angket kemandirian belajar matematika. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menganalisis hasil angket kemandirian belajar matematika menggunakan uji-t dengan SPSS 25 dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan analisis data diperoleh sig. hasil pengujian data kemandirian belajar adalah 0,000. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model PjBL terhadap kemandirian belajar matematika siswa pada materi geometri di SMP Negeri 1 Nisam.
Copyrights © 2024