Penelitian ini menghasilkan produk berupa video tutorial yang dapat digunakan sebagai sumber belajar oleh masyarakat. video tutorial memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan metode belajar langsung karena penonton bisa dengan mudah mengulang bagian yang dianggap belum jelas. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R & D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan, Implementation (implementasi), dan Evaluations (evaluasi). Penelitian ini melalui proses uji validasi oleh ahli materi dan uji praktikalitas oleh masyarakat. Skor yang diperoleh dari hasil uji validasi ahli materi tahap I sebesar 90,2% dan tahap II sebesar 94,4% dimana persentase tersebut termasuk dalam kategori “Sangat layak”. Hasil uji praktikalitas oleh masyarakat mendapat nilai sebesar 95,3% dimana persentase tersebut masuk ke dalam kategori “Sangat Layak” untuk kepraktisan video tutorial, sehingga video tutorial yang dikembangkan ini dapat dinyatakan layak untuk dijadikan sebagai sumber belajar.
Copyrights © 2024