Jurnal Adijaya Multidisiplin
Vol 2 No 03 (2024): Jurnal Adijaya Multidisiplin (JAM)

Pengembangan Video Tutorial Efek Luka Bakar (Derajat III) Berdasarkan Penilaian Oleh Ahli Materi

Azura Dwi Pramesti (Unknown)
Titin Supiani (Unknown)
Dwi Atmanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini menghasilkan produk berupa video tutorial yang dapat digunakan sebagai sumber belajar oleh masyarakat. video tutorial memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan metode belajar langsung karena penonton bisa dengan mudah mengulang bagian yang dianggap belum jelas. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R & D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan, Implementation (implementasi), dan Evaluations (evaluasi). Penelitian ini melalui proses uji validasi oleh ahli materi dan uji praktikalitas oleh masyarakat. Skor yang diperoleh dari hasil uji validasi ahli materi tahap I sebesar 90,2% dan tahap II sebesar 94,4% dimana persentase tersebut termasuk dalam kategori “Sangat layak”. Hasil uji praktikalitas oleh masyarakat mendapat nilai sebesar 95,3% dimana persentase tersebut masuk ke dalam kategori “Sangat Layak” untuk kepraktisan video tutorial, sehingga video tutorial yang dikembangkan ini dapat dinyatakan layak untuk dijadikan sebagai sumber belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jam

Publisher

Subject

Religion Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Electrical & Electronics Engineering Engineering Environmental Science Health Professions Industrial & Manufacturing Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Adijaya Multidisiplin Jurnal adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Imu Manajemen, Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, bisnis dan ekonomi, Koperasi, teknologi, ilmu ...