Di era modern produk makanan halal menjadi hal yang harus diperhatikan terkhusus kalangan generasi Z. Perhatian ini tidak hanya mencerminkan kepatuhan terhadap prinsip keagamaan, melainkan juga mencerminkan kesadaran yang lebih luas terhadap kesehatan, etika dan keberlanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh labelisasi halal dan kesadaran akan produk halal terhadap keputusan pembelian konsumen pada generasi Z terhadap produk makanan. Penelitian dilakukan dengan metode survei, dimana data diperoleh dengan penyebaran kuisioner dalam satuan skala likert pada 50 responden. Populasi dalam penelitian ini adalah para generasi Z di daerah Cianjur dan Sukabumi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan SPSS 29.0.1.0 untuk menganalisi data. Teknik analisis data menggunakan uji kualitas data yang meliputi uji validitas dan uji reabilitas, uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, dan uji hipoesis meliputi uji f simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik labelisasi halal maupun kesadaran produk halal memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini menegaskan pentingnya bagi perusahaan makanan untuk terus meningkatkan kualitas produk dan terjaminnya label halal dalam upaya mempertahankan dan menarik konsumen.
Copyrights © 2024