Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol. 7 No. 1 (2024): May

Game Edukasi Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD

Kusumasari, Putu Rastiti (Unknown)
I Gede Margunayasa (Unknown)
I Wayan Lasmawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2024

Abstract

Minat belajar siswa sangat rendah karena gaya belajar siswa sangat beragam, namun guru belum mampu mengakomodasi beragam gaya belajar siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media game edukasi berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada materi sistem pencernaan manusia kelas V SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menerapkan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD. Data diperoleh dengan metode non-tes kuesioner yang telah diuji kelayakannya dengan uji validitas isi, validitas butir dan uji reliabilitas. Teknik analisis  dengan paired sample t-test. Analisis uji validitas menunjukkan bahwa rata-rata keseluruhan validasi sebesar 3,85 yang berada pada katagori sangat valid. Hasil anilisis data kepraktisan menunjukkan rata-rata penilaian guru terhadap produk sebesar 3,81 dan penilaian siswa diperoleh sebesar 3,57 dan berada kategori sangat praktis. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa nilai Sig.(2-tailed)  kurang 0,05, maka terdapat perbedaan minat belajar IPA siswa sebelum dan sesudah menggunakan media game edukasi berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada materi sistem pencernaan manusia kelas V sekolah dasar. Simpulan penelitian bahwa game edukasi berbasis pembelajaran berdiferensiasi dinyatakan efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Implikasi penelitian ini dapat meningkatkan minat belajar siswa dengan game edukasi berbasis pembelajaran berdiferensiasi. Sehingga, meningkatnya minat belajar berimplikasi pada meningkatnya hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...