Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol. 7 No. 1 (2024): May

Kecerdasan Emosional dan Efikasi Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD

Nyoman Arysta Agustini (Unknown)
I Made Candiasa (Unknown)
Ida Bagus Putu Arnyana (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2024

Abstract

Sebagian besar siswa masih kesulitan dalam belajar matematika karena motivasi belajar siswa masih rendah, stres yang tidak terkendali, ketidakpercayaan diri, serta kesulitan dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan teman sekelas berserta guru mereka. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VI SD. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei kausal dengan teknik analisis SEM (Structural Equation Modeling). Populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas VI SD dengan jumlah 259 peserta didik. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportional random sampling. Metode pengumpulan data dengan metode tes dan non tes. Teknik analisis data dengan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa keceerdasan emosional, efikasi diri, dan pengaruh kecerdasan emosional terhadap efikasi diri secara berturut-turut memiliki nilai Standardized Regression Weight sebesar 0,684, 0,232, dan 0,673 dengan nilai probabilitas statistic sebesar 0,000 kurang dari 0,05. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional dan efikasi diri berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VI SD. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya pembinaan kecerdasan emosional dan pengembangan efikasi diri dalam konteks pembelajaran matematika di SD.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...