Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol. 7 No. 2 (2024): Agustus

Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas IV SD

Ni Nyoman Ayu Sugiartini (Unknown)
I Made Gunamantha (Unknown)
I Made Ardana (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2024

Abstract

Penyampaian materi pembelajaran, guru masih menggunakan metode ceramah dan tidak diimbangi dengan model yang inovatif serta media yang mendukung, guru hanya menggunakan papan tulis, sehinga tidak ada kontribusi siswa dalam proses pembelajaran atau dapat dikatakan proses pembelajaran masih bersifat teacher centered. Siswa masih kesulitan dalam menuangkan pikiran atau gagasan suatu masalah yang diberikan oleh guru, karena dalam pembelajaran IPA tidak hanya materi yang dijelaskan namun siswa dituntut untuk mampu melakukan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perbedaan pemahaman konsep IPA dan sikap ilmiah siswa antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PjBL dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yaitu eksperimen semu (quasi experiment) yang menggunakan subjek kelas IV SD sejumlah 173 siswa. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah tes dan kuesioner dengan menggunakan instrumen berupa lembar kuesioner dan tes. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah menggunakan MANOVA. Hasil analisis menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan dalam sikap ilmiah antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PjBL berpengaruh terhadap pemahaman konsep IPA dan sikap ilmiah siswa. Implikasi dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran PjBL lebih efektif untuk mengembangkan pemahaman konsep IPA dan sikap ilmiah siswa dibandingkan model pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...