Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol. 7 No. 1 (2024): May

Komik Digital Berbasis Problem Based Learning pada Muatan IPAS Materi Kekayaan Budaya Indonesia

I Made Surya Artanegara (Unknown)
Anak Agung Gede Agung (Unknown)
Didith Pramunditya Ambara (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2024

Abstract

Banyak pendidik masih belum menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik gaya belajar siswa, dan kurangnya pemahaman teknologi menyebabkan minimnya penggunaan media pembelajaran berbasis digital. Hal ini menyebabkan pembelajaran menjadi satu arah, serta membuat siswa jenuh dan kurang aktif. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media komik digital berbasis problembased learning muatan IPAS kekayaan budaya Indonesia siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengadaptasi model ADDIE. Subjek uji coba menggunakan 24 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan tes. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda dan lembar kuesioner. Setelah data dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial uji t. Hasil uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan sebelum dan sesudah belajar menggunakan media komik digital. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media komik digital berbasis problem based learning efektif digunakan dalam proses pembelajaran muatan IPAS materi kekayaan budaya Indonesia siswa kelas IV SD. Implikasi penelitian ini yaitu penggunaaan media komik digital mendorong minat baca siswa dan meningkatkan keinginan mereka untuk berliterasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...