Pandemi covid-19 membuat berbagai perubahan pada setiap aspek kehidupan, salah satunya pendidikan.Penelitian ini bertujuan mengetahui dan mengukur kemampuan guru dalam mengelola pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 dan mendeskripsikan peran orang tua pada saat mendampingi anak dalam pembelajaran dirumah dan menemukan kendala pada saat pembelajaran di rumah.Penggunaan metode dalam penelitian ini yaitu metode deskripsi. Selanjutnya teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menjukkan peran serta orang tua sangat mendukung keberhasilan prestasi anak. Selalu memotivasi dan memberikan inovasi-inovasi dalam membimbing anak, agar anak tidak jenuh dalam belajar, harus adanya kordinasi yang baik antara orang tua dan guru. Di TK Koeloda pihak sekolah yaitu para pendidik tidak melakukan pembelajaran secara online/daring melainkan guru-guru melakukan kunjungan rumah.Kunjungan rumah yang dilakukan sesuai dengan jam pembelajaran di sekolah dan guru-guru tetap mematuhi protokol kesehatan. Diperlukannya evaluasi agar bisa meningkatkan hasil prestasi siswa. berbagai kendala orang tua dalam pembelajaran daring diantaranya,tidak memiliki hanphone sendiri hanphone dibawa orangtua kerja , sinyal internet yang terkadang susah, kuota yang mahal, orang tua kurang bisa membimbing dan memahami materi secara penuh, sehingga tidak bisa maksimal dalam mengajari anak. Akhir dalam penelitihan ini adalah guru dituntut untuk memiliki kompetensi guna menunjang peserta didik pada masa pandemi karena gug berperan mengawasi dan mengevaluasi peserta didik dan berupaya membuat pembelajaran lebih baik agar peserta didik tuntas dalam belajar. Peran orang tua juga sangat penting dalam mendukung pembelajaran anak di rumah, hal ini bukan hanya penting bagi lembaga kependidikan anak usia dini namun juga pada orang tua peserta didik tentunya.
Copyrights © 2022