Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian berjumlah 36 orang dengan 19 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar matematikan dan angket respon siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitiannya yaitu: 1) Penerapan model pembelajaran Think-Pair-Share dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa kelas XII IPA 5 SMA Negeri 4 Singaraja. 2) Penerapan model pembelajaran Think-Pair-Share dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kompetensi matematika siswa kelas XII IPA 5 SMA Negeri 4 Singaraja. 3) Respon siswa kelas XII IPA 5 SMA Negeri 4 Singaraja terhadap penerapan model pembelajaran Think-Pair-Share dalam pembelajaran matematika adalah positif. Berdasarkan temuan-temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think-Pair-Share dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan dan komptensi matematika siswa kelas XII IPA 5 SMA Negeri 4 Singaraja Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/ 2017.
Copyrights © 2022