Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Sukasada pada siswa kelas XI TB 1 tahun pelajaran 2021/2022 dengan mengaplikasikan model pembelajaran kooperatif teknik jigsaw. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan aplikasi model pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dalam meningkatkan kemampuan menceritakan kembali isi cerpen secara lisan pada siswa kelas XI TB 1 SMK Negeri 1 Sukasada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui metode Tes dan Observasi dengan instrumen yang dipergunakan adalah tes dan lembar observasi. Data yang terkumpul dalam penelitian ini selanjutnya dianalisis dengan statistik menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang diterapkan di SMK Negeri 1 Sukasada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam menceritakan kembali isi cerpen secara lisan. Pada siklus I rata-rata kemampuan siswa adalah 60,11 dengan ketuntasan sebesar 35,13% yang tergolong rendah dan target keberhasilan belum tercapai, sedangkan pada siklus II rata-rata kemampuan siswa meningkat menjadi 64,8 dengan ketuntasan sebesar 60%. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa aplikasi model pembelajaran kooperatif dengan teknik jigsaw dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menceritakan kembali isi cerpen secara lisan.
Copyrights © 2022