Jurnal Citra Pendidikan Anak
Vol. 3 No. 1 (2024): Jurnal Citra Pendidikan Anak

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUSY BOOK UNTUK ASPEK BAHASA ANAK KELOMPOK B DI TKK SATAP SDK OLABOLO

Nggai, Martina Maria Susi Susanti (Unknown)
Dhiu, Konstantinus Dua (Unknown)
Ngura, Elisabeth Tantiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendesain media pembelajaran busy book untuk aspek bahasa anak kelompok B di TKK Satap SDK Olabolo. 2) menguji kelayakan media pembelajaran busy book untuk aspek bahasa anak kelompok B di TKK Satap SDK Olabolo. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ini terdiri atas 5 tahap yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek dalam penelitian ini melibatkan anak usia 5-6 tahun kelompok B di TKK SATAP SDK Olabolo. Hasil pengembangan media pembelajaran busy book untuk aspek Bahasa anak menunjukkan bahwa media busy book yang digunakan dalam meningkatkan kemampuan aspek bahasa anak usia 5-6 tahun di TKK SATAP SDK Olabolo dikategorikan layak berdasarkan kelayakan media dan keseluruhan rangkaian uji coba mulai dari uji coba ahli materi, ahli desain, ahli media, uji coba perorangan, dan uji coba kelompok kecil. Pada kriteria kelayakan isi berdasarkan uji coba ahli materi dengan jumlah skor 100% “sangat valid”, karena produk yang digunakan sudah layak digunakan, dan berdasarkan uji coba ahli desain pembelajaran kategori dengan jumlah skor 83% “valid”. Dan hasil uji coba ahli media pembelajaran dengan kategori 95% “sangat valid”, pada hasil uji coba penggunaan produk kepada ahli media bahwa media ini baik dan di lakukan tanpa revisi dan memiliki kategori “sangat baik”. Dengan demikian, media pembelajaran Busy Book ini dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran anak usia dini. Abstract This study aims to: 1) design busy book learning media for the language aspects of group B children at TKK Satap SDK Olabolo. 2) testing the feasibility of busy book learning media for language aspects of group B children at TKK Satap SDK Olabolo. This research uses the ADDIE development model. This development model consists of 5 stages, namely Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The subjects in this study involved children aged 5-6 years group B at TKK SATAP SDK Olabolo. The results of the development of busy book learning media for children's language aspects show that the busy book media used in improving the language skills of children aged 5-6 years at TKK SATAP SDK Olabolo is categorized as feasible based on media feasibility and the entire series of trials ranging from material expert trials, design experts, media experts, individual trials, and small group trials. The content eligibility criteria are based on material expert trials with a total score of 100% "very valid", because the products used are suitable for use, and based on category learning design expert trials with a total score of 83% "valid". The results of the trial of learning media experts with the category of 95% "very valid", on the results of trials of using products to media experts that this media is good and carried out without revision and has a category of "very good". Thus, this Busy Book learning media is declared suitable for use in the early childhood learning process

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jcpa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Citra Pendidikan Anak disingkat JCPA adalah jurnal ilmiah yang memuat hasil pemikiran dan penelitian dalam bidang kajian anak usia dini dan pendidikan dasar. JCPA diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti. JCPA terbit 4 kali dalam setahun, yaitu ...