Al-Qalam: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam
Vol. 2 No. 2 (2023): Juli - Desember 2023

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI METODE MEMBACA KERAS (Reading Aloud) PADA SISWA SDN 99/X SIDO MUKTI

Maisarah (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2024

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini di laksanakan di SDN 99/X Sido Mukti, dengan tujuan meningkatkan hasil belajar Siswa pada kelas II a dengan menggunakan metode Resitasi pada materi mengurutkan mata uang dengan pemberian tugas secara individual maupun kelompok. Penelitian ini dilaksanakan tiga bulan melalui 2 (dua) siklus setiap siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan tindakan, dan observasi, serta evaluasi dan refleksi. Tindakan yang dilakukan dengan menggunakan metode Resitasi. Metode Resitasi adalah cara penyajian bahan oleh guru dengan memberikan tugas tertentu. Sesuai dengan materi yang diberikan. Dari hasil belajar dengan menggunakan metode Resitasi ini maka siklus I mencapai 60 %, dan siklus II mencapai 80 % . Sementara standar KKM Matematika adalah 63 Maka dari itu berdasarkan penelitian ini pelajaran Matematika pada materi mengurutkan mata uang melalui metode Resitasi hasil belajarnya meningkat, jadi metode ini bisa digunakan sebagai metode yang tepat untuk guru Matematika dan melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

alqalam

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Al-Qalam: merupakan Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam yang memuat karya ilmiah dan hasil penelitian ilmiah guru-guru yang tergabung pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP PAI) Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi. Redaksi menerima hasil karya ilmiah, studi ...