Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran dengan media pembelajaran video pada mata pelajaran PAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa selama dalam kegiatan pembelajaran PAI di Kelas VII.A.SMPN 13 Tanjung Jabung Timur.. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan pelaksanaan tindakan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi keaktifan siswa untuk mengetahui keaktifan siswa dalam pembelajaran PAI. Analisis data deskriptif kualitatif dengan mereduksi data, mendeskripsikan data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini diketahui bahwa setelah diterapkan metode pembelajaran dengan Media Pembelajaran Video, hasil belajar siswa dalam pembelajaran PAI mengalami peningkatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran video pada mata pelajaran PAI di kelas VII.A SMPN 13 Tanjung Jabung Timur. dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata presentase angka ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 55%, sedangkan persentase siswa yang belum tuntas sebesar 45%. Dengan rata-rata nilai yag diperoleh siswa 73. Pada siklus II persentase ketuntasan siswa sebesar 85%, sedangkan persentase siswa yang belum tuntas sebesar 15%, dengan rata-rata nilainya adalah 85. Dengan demikian penggunaan media pembelajaran video telah mengalami peningkatan pada mata pelajaran PAI kelas VII.A SMPN 13 Tanjung Jabung Timur. Oleh sebab itu, penelitian ini dihentikan pada siklus II dan dinyatakan berhasil.
Copyrights © 2023