Pedagogi Hayati
Vol 6 No 2 (2022): Pedagogi Hayati: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi

Pengembangan Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran Berbasis Case Method

Oprasmani, Elfa (Unknown)
Alpindo, Okta (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2023

Abstract

Saat ini perguruan tinggi dihadapkan dengan tantangan dalam menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing di dunia kerja. Agar kemampuan tersebut dapat dikuasai oleh lulusan maka diperlukan adanya inovasi yang dilakukan oleh perguruan tinggi, tidak terkecuali pada pembelajaran yang diterapkan oleh dosen. Salah satu inovasi yang dapat dilakukan oleh dosen dalam pembelajaran yaitu dengan melakukan pengembangan buku ajar yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Buku ajar juga sangat penting dalam mengatasi keterbatasan frekuensi tatap muka antara dosen dan mahasiswa. Mahasiswa dapat belajar secara mandiri dengan menggunakan buku ajar, terlebih pada kondisi pandemic Covid-19 saat ini. Selain meningkatkan hasil belajar penerapan case method dalam buku ajar ini juga bertujuan mendukung pencapaian IKU perguruan tinggi khususnya IKU 3.2. Untuk itu perlu dikembangkan Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran berbasis Case Method. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp namun hanya dibatasi 2 tahapan awal yang terdiri dari fase investigasi awal (preliminary research), fase pembuatan prototype (prototyping phase). Hasil dari penelitian ini diperoleh buku ajar belajar dan pembelajaran berbasis case method yang sangat valid dan sangat praktis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pedagogihayati

Publisher

Subject

Education

Description

Pedagogi Hayati: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji. Pedagogi Hayati mempublikasikan artikel ilmiah dalam cakupan bidang ilmu pendidikan biologi: pembelajaran, ...