Abuya: Jurnal Pendidikan dasar
Vol. 2 No. 1 (2024): Abuya: Jurnal Pendidikan Dasar

IMPLEMENTASI KARAKTER DISIPLIN SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH HUSNUL KHOTIMAH

Sa'diyah, Kholifatus (Unknown)
Sunarto, Sunarto (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Disiplin adalah usaha sadar untuk menaati aturan atau tata tertib yang telah dibuat baik di sekolah maupun masyarakat. Pembentukan karakter disiplin perlu dilakukan sejak dini, baik di lingkungan sekolah, keluarga maupun masyarakat. Fase ini sangat penting untuk ditanamkan karakter disiplin karena di fase ini anak dengan mudah meniru dan mengamati apa yang dilakukan oleh orang sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi karakter disiplin siswa di Madrasah Ibtidaiyah Husnul Khotimah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian guru dan siswa Madrasah Ibtidaiyah Husnul Khotimah. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif Miles dan Huberman (reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan) Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses implementasi karakter disiplin siswa di Madrasah Ibtidaiyah Husnul Khotimah menggunakan teknik pengintegrasian nilai yang meliputi; kegiatan rutin, kegiatan spontan, dan keteladanan. Pertama, Mereka belajar mematuhi aturan yang menjadi tata tertib madrasah. Selain itu, mereka mematuhi peraturan yang berlaku dan mematuhi jadwal kegiatan. Kedua, Pada model ini seorang guru melakukan tindakan spontan dengan cara mengenalkan aturan secara spontan terhadap siswa yang melanggar. Guru dapat memberikan teguran maupun pujian pada model kegiatan ini Ketiga, ditunjukkan dengan pemberian contoh atau teladan dari guru maupun tenaga kependidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

abuya

Publisher

Subject

Religion Humanities Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Abuya: Jurnal Pendidikan Dasar Is an open access, and peer-reviewed journal that focuses on critical studies of elementary education. Investigated the dynamics of learning students at State Elementary Education/ Islamic Elementary Education (SD/MI). Besides focusing on the development of teaching at ...