Disiplin adalah usaha sadar untuk menaati aturan atau tata tertib yang telah dibuat baik di sekolah maupun masyarakat. Pembentukan karakter disiplin perlu dilakukan sejak dini, baik di lingkungan sekolah, keluarga maupun masyarakat. Fase ini sangat penting untuk ditanamkan karakter disiplin karena di fase ini anak dengan mudah meniru dan mengamati apa yang dilakukan oleh orang sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi karakter disiplin siswa di Madrasah Ibtidaiyah Husnul Khotimah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian guru dan siswa Madrasah Ibtidaiyah Husnul Khotimah. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif Miles dan Huberman (reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan) Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses implementasi karakter disiplin siswa di Madrasah Ibtidaiyah Husnul Khotimah menggunakan teknik pengintegrasian nilai yang meliputi; kegiatan rutin, kegiatan spontan, dan keteladanan. Pertama, Mereka belajar mematuhi aturan yang menjadi tata tertib madrasah. Selain itu, mereka mematuhi peraturan yang berlaku dan mematuhi jadwal kegiatan. Kedua, Pada model ini seorang guru melakukan tindakan spontan dengan cara mengenalkan aturan secara spontan terhadap siswa yang melanggar. Guru dapat memberikan teguran maupun pujian pada model kegiatan ini Ketiga, ditunjukkan dengan pemberian contoh atau teladan dari guru maupun tenaga kependidikan.
Copyrights © 2024