Jurnal Leverage, Engagement, Empowerment of Community (LeECOM)
Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Leverage, Engagement, Empowerment of Community (LeECOM)

Pendampingan Inovasi Produk dan Kemasan UMKM untuk Memenangkan Persaingan

Kodrat, David Sukardi (Unknown)
Nazila, Qahira (Unknown)
Melinda, Tina (Unknown)
Sean, Jeremy Ernesto (Unknown)
Faradiba, Dimarta (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2023

Abstract

Pertumbuhan UMKM di Indonesia memang sudah tidak bisa diragukan lagi karena UMKM dinilai sebagai salah satu pemberi kontribusi dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi negara. Untuk menghadapi intensitas tantangan yang semakin berat, UMKM dituntut berpikir kreatif dalam menemukan berbagai terobosan strategi yang mampu menciptakan sinergi sehingga memberikan kontribusi optimal bagi pencapaian tujuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendampingi Mimikoe Snack yang merupakan salah satu UMKM di Desa Wage, Sidoarjo dalam melakukan inovasi produk dan kemasan. Terdapat lima tahapan pada pelatihan ini yaitu: (1) memberikan penjelasan terkait manfaat penambahan varian produk dan kemasannya, (2) memberikan pelatihan pengolahan varian produk baru, (3) memberikan pelatihan manfaat kemasan produk, (4) memberikan pendampingan mulai dari pengolahan produk hingga pemasarannya, (5) melakukan evaluasi terhadap produk dan kemasan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Hasil dari pelatihan ini diterapkan oleh UMKM Mimikoe Snack untuk pengembangan selanjutnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

LeECOM

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Leverage, Engagement, Empowerment of Community (LeECOM) (p-ISSN 2686-2786 and e-ISSN 2685-8630) is published twice a year in the months of May and November. It publishes manuscripts within the fields of entrepreneur and community service. Jurnal Leverage, Engagement, Empowerment of Community ...