Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 2, No 1 (2014): Februari 2014

Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Dengan Latihan Berstruktur Terhadap Hasil Belajar Siswa

Hasanah, Hasanah (Unknown)
Suyidno, Suyidno (Unknown)
Wati, Mustika (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2014

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan pembelajaran yang berlangsung tidak berbasis konstruktivis. Oleh karena itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan antara pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar dan (2) pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian menggunakan quasi experimental dengan pretest-pottest control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pada pengujian komparasi thitung = 3,19 > ttabel = 2,64 sehingga ada perbedaan antara pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar dan (2) pada pengujian korelasi rxy = 0,70 dan  thitung = 6,07 > ttabel = 1,69 sehingga pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan latihan berstruktur berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan latihan berstruktur berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTsN Banjar Selatan 2 Banjarmasin pada materi ajar cahaya. 

Copyrights © 2014