Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 1, No 2 (2013): Juni 2013

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 31 Banjarmasin Pada Pokok Bahasan Getaran Dan Gelombang Melalui Penerapan Pembelajaran Generatif

Nurkhayani, Siti (Unknown)
Zainuddin, Zainuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2013

Abstract

Minimnya hasil belajar siswa dalam proses belajar mengajar di kelas VIII C SMP Negeri 31 Banjarmasin mendorong peneliti untuk melakukan penelitian.  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan RPP, hasil belajar, mengatasi miskonsepsi, dan respon siswa terhadap pembelajaran generatif.  Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model hopkins sebanyak 3 siklus. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa persentase keterlaksanaan RPP meningkat setiap siklus dari 82,29%, 87,49% dan, 98,60%, ini berarti secara keseluruhan untuk pengelolaan kelas tergolong baik. Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat setiap siklus dari 45,45, 75,76% dan, 93,94%. Kemampuan siswa dalam mengatasi miskonsepsi selama proses pembelajaran mengalami penurunan pada setiap siklus dari 23,61%, 10,42%, dan 1,39%. Respon siswa terhadap pembelajaran berkategorikan baik. Diperoleh simpulan bahwa model pembelajaran generatif efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 31 Banjarmasin. 

Copyrights © 2013