Penelitian ini dilatarbelakangi adanya keinginan mengembangkan kemampuan menyelesaiakan soal cerita dalam pembelajaran matematika. Metode pembelajaran kelompok yang dibentuk berdasarkan sosiometri mampu meningkatkan keaktifan siswa sehingga lebih lanjut dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika. Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektivan kelompok belajar berdasakan sosiometri dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Banjarmasin tahun pelajaran 2012/2013. Dengan teknik purposive random sampling diperoleh kelas VIII D sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran langsung dan kelas VIII E sebagai kelas eksperimen menggunakan pembelajaran kelompok berdasarkan sosiometri. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan rata-rata, standar deviasi, uji pendahuluan, uji beda, dan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terjadi perbedaan yang signifikan dari hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Namun, aktivitas siswa kelas eksperimen menunjukkan hasil yang positive yaitu cenderung lebih aktif. Kata kunci: kelompok belajar berdasarkan sosiometri, keefektifan, menyelesaikan soal cerita
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2013