Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Inovatif
Vol. 3 No. 2 (2024): Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Inovatif

Pencegahan Stunting Pada Balita Melalui Edukasi Pemberian Makanan Tambahan Sebagai Upaya Peningkatan Kesadaran Masyarakat di Desa Sukamulya

Yuliasari, Silpani (Unknown)
Machbub, Siti Salma Laila (Unknown)
Mutolib, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2024

Abstract

Stunting merupakan masalah kesehatan global yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak, terutama selama 1.000 hari pertama kehidupan. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya asupan gizi yang cukup selama periode kritis pertumbuhan anak, dengan fokus pada Pemberian Makanan Tambahan (PMT). Metode pelaksanaan program melibatkan observasi terhadap kondisi stunting di Desa Sukamulya, serta penyuluhan dan pemberian edukasi mengenai PMT pada balita di Posyandu Cempaka II. Hasilnya menunjukkan partisipasi aktif dari ibu balita, kader desa, dan bidan. Persiapan yang matang, termasuk komunikasi dengan pihak terkait dan pengukuran status gizi balita, mendukung kelancaran program. Melalui penyuluhan yang disampaikan oleh peserta KKN dan bidan, program ini berhasil menciptakan kesadaran baru tentang pola makan dan gizi dalam penanganan stunting. Program ini berhasil memberikan dampak positif dalam meningkatkan kesadaran gizi balita, menguatkan kapasitas lokal dalam menangani masalah kesehatan masyarakat, dan merupakan investasi pada kesehatan generasi saat ini dan masa depan yang lebih sehat serta sejahtera.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPPMI

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Inovatif atau JPPMI diterbitkan oleh Research and Social Study Institute (RESSI) bekerjasama dengan Program Studi Penyuluhan Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Lampung. JPPMI terbit tiga kali dalam setahun pada bulan April, Agustus dan Desember. ...