VISI : Jurnal Ilmiah Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal
Vol 18 No 2 (2023): VISI : Jurnal Ilmiah Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal

Menjelajahi Dua Dekade Kemajuan Penjaminan Mutu dalam Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan

Ramadhan, Muhammad Oka (Unknown)
Rohendi, Dedi (Unknown)
Handayani, Mustika Nuramalia (Unknown)
Permana, Asep Yudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Penjaminan mutu dalam pendidikan teknik dan kejuruan (PTK) menjadi perhatian, sebagai akibat perubahan tatanan pendidikan dan permintaan lulusan yang terampil dan siap kerja. Penelitian ini menyajikan analisis bibliometrik komprehensif penelitian penjaminan mutu PTK dari tahun 2003 hingga 2022. Data divisualisasikan menggunakan VOSviewer dan Tableau. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan tentang distribusi kuantitatif, pola kutipan, penyebaran geografis, dan topik-topik yang muncul di bidang ini. Hasil studi menunjukkan peningkatan volume publikasi mengenai penjaminan mutu di PTK. Pola pengutipan menunjukkan bahwa kedalaman eksplorasi dan keterlibatan dengan pengetahuan yang ada tidak kuat secara proporsional. Federasi Rusia muncul sebagai kontributor utama dalam hal keluaran dokumen. Kurangnya kolaborasi penelitian internasional antar negara, menandakan perlunya peningkatan keterlibatan global. Tren yang teridentifikasi dalam penelitian dapat dikategorikan menjadi tiga kelompok. Klaster 1 berfokus pada aspek-aspek yang berkaitan dengan penerapan penjaminan mutu di PTK, Klaster 2 mendalami pendekatan metodologis dalam konteks ini, dan Klaster 3 mengeksplorasi konteks penelitian terkait dengan nilai, manfaat, atau tujuan penerapan penjaminan mutu di PTK. Artikel ini juga menyajikan refleksi atas temuan sebagai penelitian yang memerlukan eksplorasi lebih lanjut. Artikel ini dapat bermanfaat bagi para peneliti empiris yang ingin mengkaji evolusi tema penelitian yang berkaitan dengan penjaminan mutu dalam pendidikan kejuruan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jiv

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal VISI is published on Juni and December every year which published by Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Jakarta. This journal focuses on Early Childhood Education and Society Education. This journal warmly welcomes to articles contributions from scholars of related ...