Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia
Vol. 2 No. 1 (2022): Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia 

STATUS GIZI BALITA

Pesihatu, Jumeiyanti Fajar Sitta (Unknown)
Rahmawati, Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Menurut WHO, sebanyak (54%) penyebab kematian bayi dan balita disebabkan karena keadaan gizi buruk pada anak. Kekurangan gizi dapat menyebabkan efek yang serius yaitu kegagalan pertumbuhan fisik, menurunnya perkembangan kecerdasan, menurunnya produktifitas dan menurunnya daya tahan tubuh terhadap penyakit yang mengakibatkan kematian. Balita yang kekurangan gizi sangat berpengaruh pada perkembangan otak yang proses pertumbuhannya terjadi pada masa itu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survei analitik dengan pendekatan cross sectional dengan menggunakan teknik accidental sampling pada usia anak 1-5 tahun dalam teknik pengambilan sampel sehingga sampel yang didapatkan sebanyak 95 responden. Analisa data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji statistik chi square. Data diambil menggunakan kuesiner kemudian diolah menggunakan SPSS. Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara riwayat dire 14 hari terakhir dan jenis dengan status gizi balita. Dan tidak ada hubungan yang bermakna antara jenis kelamin dan berat badan lahir dengan status gizi balita. Untuk itu, diperlukan adanya asupan nutrisi yang menggandung mikronutrien dan makronutrien untuk membangun metabolisme tubuh yang baik agar makanan terserap dengan baik. Dengan upaya tersebut maka diharapkan status gizi enjadi baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

humantech

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia (E-ISSN : 2809-1612, P-ISSN : 2809-1620) adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, ...